Cara Memperbaiki Flasdisk (FD) Rusak Yang Tidak Terbaca Oleh Komputer

Flashdisk, atau lebih mudahnya disebut FD merupakan sebuah perangkat berukuran kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai file penting, baik berupa file pekerjaan maupun tugas sekolah didalamnya. Namun tak jarang pula digunakan untuk menyimpan file pribadi seperti foto, lagu, maupun video. Namun hal yang paling menjengkelkan adalah ketika flashdisk kita rusak seperti tidak bisa terbaca oleh komputer, pastinya hal tersebut sangatlah menyebalkan, apalagi didalamnya terdapat file pekerjaan maupun tugas deadline kita.  Apa yang harus kita lakukan jika suatu ketika mengalami kejadian tersebut ? yang pasti, kita harus sebisa mungkin mencoba untuk memperbaiki flashdisk tersebut, minimal untuk mengambil file didalmnya agar bisa kita backup nantinya. Bisa menanyakan kepada teman ataupun kepada ahlinya, namun jika tidak ada yang bisa kamu tanyai terkait hal ini, kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri lho guys. Jika berbicara tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer, sungguh sangat tepat kalian mengunjungi situs ini karena kami akan memberikan ulasan tentang cara memperbaiki flashdisk rusak yang tidak terbaca oleh komputer kamu. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai ulasannya dibawah ini.

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer

  1. Untuk cara pertama yang dapat kamu coba sangatlah mudah, jika flashdisk tidak terbaca oleh komputer, coba kamu lepas dulu beberapa saat dan silahkan masukkan lagi kedalam port USB yang terdapat pada kamputer kamu.
  2. Lakukan cara tersebut secara berulang kali, jika memang tetap saja tidak terdeteksi, coba menggeser flashdisk kamu ke kanan maupun ke kiri secara perlahan, siapa tahu port USB yang ada di komputer kamu sudah mulai melebar.
Apabila masih belum berhasil, coba lakukan langkah kedua berikut ini

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer menggunakan cmd

  1. Pertama, silahkan masukkan flashdisk ke dalam port USB yang sudah disediakan pada komputer kamu
  2. Jika sudah, silahkan masuk kedalam masuk kedalam command prompt, dengan cara klik Start > Run. ketik cmd lalu “Enter”.
  3. Selanjutnya, silahkan buka drive flashdisk kamu tadi, (misalnya berada di G), lalu didalam command prompt tadi silahkan ketik “G:”
  4. Lalu silahkan tulis chkdsk/g, nanti akan muncul pilihan (Y/N). tulislah Y yang berarti Yes.
  5. Jika sudah, silahkan lakukan restart pada komputer kamu untuk menyelesaikan masalah flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer tadi.

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer Melalui Windows

  1. Langkah pertama, silahkan masukkan flashdisk kedalam port USB di dalam komputer kamu
  2. Selanjutnya, pilih menu Start > masuk pada bagian control panel.
  3. Silahkan rubah tampilan pada mode klasik, caranya pilih Switch To Classic Mode
  4. Selanjutnya, silahkan klik Add Hardware, dan akan muncul sebuah kotak dialog, lalu pilih Next
  5. Lalu, akan muncul sebuah pilihan yakni Yes, I Have Already Connected the  Hardware dan No, I Have No Added the Hardware Yet. Pilih yang Yes, I Have Already Connected the  Hardware.
  6. Jika hal tersebut sudah kalian lakukan, maka komputer kamu akan melacak keberadaan flashdisk yang telah terpasang tadi. Apabila sudah terdeteksi, nanti akan muncul Autorun, jika sudah muncuk maka menandakan jika proses penormalan flashdisk kamu tadi sudah berhasil.
Nah itu tadi beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer yang dapay kalian lakukan, bagaimana ? cukup mudah bukan ?
sumber : komunitasandroid.com
Cara Memperbaiki Flasdisk (FD) Rusak Yang Tidak Terbaca Oleh Komputer !